Barthel Usin: Debat Publik Kedua Pilkada Kalteng Hanya Diskusi Biasa Saja

Barthel Usin: Debat Publik Kedua Pilkada Kalteng Hanya Diskusi Biasa Saja
Gambar Barthel Usin, Pengamat Politik dan Wartawan Senior Provinsi Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA - Pengamat Politik yang juga wartawan senior Di Kalimantan Tengah (Kalteng), Barhel Usin, menanggapi hasil Debat Publik Kedua, tanggal 19 November 2020 yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng bekerjasama dengan Stasion Televisi swasta di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut pandangannya, bahwa debat public kedua yang telah dilaksanakan terlihat terkesan hanya furmalitas serta hanya memenuhi agenda yang sudah dijadwalkan oleh KPU Kalteng. Dikatakan juga itu bukan debat dan seharusnya bagaimana adu program kedua pemimpin penentu di Kalimantan Tengah, terlihat seperti diskusi biasa.

“Jadi saya melihat keberadaan debat itu, ya sekedar memenuhi dari agenda yang sudah dijadwalkan oleh KPU Kalteng saja, tapi sebenarnya itu bukan debat, yang debat itu bagaimana adu program kedua pemimpin penentu di Kalimantan Tengah, ini dari kosong dua diwakili oleh Calon wakil Gubernur Kalimantan Tengah, ” kata Barthel Usin disela - sela pelantikan pengurus Kadin Kota Palangka Raya, Sabtu, (21/11/20).

Barthel Usin menilai bahwa paslon urut dua H. Sugianto Sabran dan H. Edy Pratowo, yang disaat Debat Publik Kedua hanya dihadiri oleh calon Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo. Bahwa, apa yang disampaikan Calon Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo dalam debat tersebut, belum tentu itu yang akan dilaksanakan oleh Calon Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran.

“Bagaimanapun yang namanya wakil itu adalah membantu dari tugas Gubernur, nah belum tentu segala kebijakan yang di idekan seorang wakil itu dapat diterima oleh Gubernur, nah saya melihat kemarin itu debat saya anggap sebagai diskusi biasa saja bukan untuk kebijakan yang sebenarnya apabila mereka berdua terpilih, ” beber Politikus dan juga pengamat politik ini kepada media indonesiasatu.co.id.

Ketidakhadiran Calon Gubernur Kalteng urut dua, H. Sugianto Sabran pada saat Debat Publik Kedua yang mengangkat tema Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Kalimantan Tengah, sangat disayangkan juga oleh masyarakat Kalteng. Karena masyarakat Kalteng ingin secara langsung melihat program yang disampaikan bakal calon pemimpinnya kelak.

“Itu yang sebenarnya sangat di sayangkan, nah lagi pula kalau itu benar saya sangat menyayangkan juga sampai saat ini, saya tidak melihat rekan - rekan wartawan memberitakan hasil swab resminya yang terkonfirmasi positif Covid 19, nah inikan bakal calon seorang pemimpin di Kalimantan Tengah terbuka kepada public, berikan hasil swabnya kepada wartawan agar masyarakat percaya kepada seorang pemimpin, ” imbuh Barthel Usin.

“Selama ini kita melihat selalu calon Gubernur dan calon wakil Gubernur Paslon dua selalu berdampingan dalam setiap saat, gubernur terkonfirmasi positif, mestinya yang nomor dua sebagai wakil belum tentu sehat, seharusnya harus diisolir, jangan ya kalau gubernur tidak bisa bagaimana caranya, dan seharusnya tidak bisa hadir semua, karena Covid ini barang tidak kelihatan, bisa saja Swab pertama tapi virus itu sudah ada didalam, tidak kelihatan hasilnya, ” ungkapnya.

“Kalau mereka sayang dengan masyarakat Kalimantan tengah dan pendukungnya, jangan - jangan ini menjadi klauster baru, ini yang kita antisipasi keras, ” tambahnya.

Barthel Usin menyingkapi video yang diunggah bakal calon Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran yang telah beredar dimasyarakat baik melalui Facebook dan Whatshap Group, menyampaikan terkonfirmasi Covid 19.

“Semua ada aturan mainnya dan seharusnya bukan yang bersangkutan yang menyampaikan ke publik akan tetapi ada tim dokter dari KPU Kalteng yang mempublikasikan ke masyarakat dan menyatakan beliau tidak bisa hadir dalam debat public kedua, ”paparnya.

“Secara aturan yang saya tahu KPU yang mengumumkan ini beliau langsung yang menyampaikannya ke masyarakat, saya tidak alasannya, kembali kita tidak percaya yang nama taat azas sebagai seorang pemimpin, jangan yang semaunya aza, ”tutup Barthel Usin

(//indra)

Palangka Raya
Indra Gunawan

Indra Gunawan

Ketua Tim Paslon satu, Sriosako: Tim Gugus  Covid - 19 Segera Selamatkan Rakyat Previous Article

Ketua Tim Paslon satu, Sriosako: Tim Gugus Covid -...

Bos Raja Lele, Farchan Slamet Pimpin Kadin Kota Palangka Raya Tahun 2020 - 2025 Next Article

Bos Raja Lele, Farchan Slamet Pimpin Kadin Kota Palangka...

Related Posts