Dinilai Tidak Mengayomi, Agustiar Disuruh Mundur dari Ketua DAD Kalteng

Dinilai Tidak Mengayomi, Agustiar Disuruh Mundur dari Ketua DAD Kalteng
H. Agustiar Sabran Ketua DAD Kalteng dan Juga Anggota DPR RI Dapil Kalteng Dari Partai PDI Perjuangan (Foto berbagai sumber)

PALANGKA RAYA - Viralnya statmen Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H Sugianto Sabran pada saat pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, jumat (26/02/21). 

Terkait dilarangnya bagi ormas dayak untuk menggunakan MANDAU dalam kegiatan demo dan juga dikatakan adat. 

Tentunya ini banyak menuai pro dan kontra di tengah masyarakat Kalteng khususnya masyarakat adat Dayak. Dikarenakan Mandau merupakan senjata tajam yang melambangkan sosok seorang dayak, dan tidak terpisahkan akan jati diri, baik dalam kearifan lokal budaya dan sakral dalam ritologi leluhur suku Dayak. 

Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng, selaku badan adat  yang mengayomi hal itu, diharapkan mampu meredam dan melaksanakan kalau ada terjadinya dikalangan masyarakat yang menyangkut adat budaya dayak, baikpun itu menyangkut terjadi gesekan yang sifatnya telah dilakukan pihak - pihak tertentu menyingung adat dayak, dapat melakukan sanksi singer (denda adat). 

Namun kelihatannya selama ini DAD Kalteng jalan ditempat dan dalam pembelaan hak - hak masyarakat adat dayak kalteng diduga banyak yang tidak terakomudasi dengan baik sesuai harapan dibentuknya Lembaga Adat tersebut. 

Hal ini mencuat pada saat pro dan kontra terkait statmen Gubernur Kalteng yang dibiarkan berkembang jadi isu yang tidak baik di masyarakat Adat Kalteng.

Meiji Birudi H.Itok, masayarakat desa dari sungai Jaya Kabupaten Barito Selatan (Barsel), menyampaikan orasinya kepada Panglima Barisan Pertahanan Masyarakat Adat (BATAMAD) Kalteng, Yuandreas, mengharapkan agar ketua DAD Kalteng H. Agustiar Sabran, mundur.

"Saya harapkan untuk ketua DAD Kalteng sekarang mundur dari jabatannya, karena tidak memahami kebudayaan dayak, " katanya di Huma Betang Hapakat, jumat, (12/02/21). 

Suara yang sama juga datang dari salah satu masyarakat Desa Ramang, Kahayan, Dison I. A.Jahan.

Dison yang pada saat itu menyampaikan rasa tidak percaya akan kepemimpinan Ketua DAD Kalteng selama ini, karena menurut tidak pernah mengakomodir kepentingan masyarakat adat dan membiarkan statmen Gubernur Kalteng terkait masalah Senjata Mandau yang merupakan Kebanggaan masayarakat dayak. 

"Saya dengan datang ke forum ini khusus dari desa Ramang, untuk menyampaikan luka kami warga dayak atas statmen Gubernur Kalteng dan mengharapkan agar ketua DAD Kalteng diganti, karena tidak ada tindakannya dalam masalah ini, " Tegasnya. 

Untuk diketahui, Agustiar Sabran merupakan saudara kandung Gubernur Kalteng sekarang, dan pada saat pemilihan legislatif, terpilih menjadi salah satu Anggota DPR RI Dapil Kalteng dari Partai PDI Perjuangan. 

Tentunya ini, DAD Kalteng diduga tidak berjalan maksimal dikarenakan kesibukannya sebagai anggota DPR RI dan juga sebagai pengusaha di Kalteng. 

Ketua Gerakan Mandau Telawang Pancasila Sakti  (GMTPS) Kalteng, menyampaikan juga agar dari kepengurusan struktur DAD Kalteng agar dievaluasi kembali agar dapat menyerap aspirasi masyarakat adat dayak kalteng. 

"Saya harapkan agar Struktur DAD Kalteng hingga Ketuanya di Evaluasi kembali, " Kata Eda Steven Lalung. 

(//indra) 

KALTENG Palangka Raya
Indra Gunawan

Indra Gunawan

Previous Article

Dampingi Polda Kalteng, Ustadz Das'ad Latief:...

Next Article

Didukung Sejumlah Koalisi Ormas, Bambang...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Andy

Andy

Postingan Bulan ini: 237

Postingan Tahun ini: 306

Registered: Nov 20, 2020

Update

Update verified

Postingan Bulan ini: 218

Postingan Tahun ini: 2556

Registered: Jul 9, 2020

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 195

Postingan Tahun ini: 1478

Registered: Sep 25, 2020

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 185

Postingan Tahun ini: 1019

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Joni Hermanto

Kabupaten Tana Toraja Masuk Daftar PPKM Level 4, Kapolres: Penyekatan di Perbatasan Mulai  Hari Senin
Besok Sidang MK  Dan Jika Terjadi Kembali Pelanggaran PSU Jilid II, Apakah PSU Kembali Atau Salah Satu Paslon Di Diskualifikasi Oleh MK ?
Warga Nagori Mancuk Ditemukan Tewas di Areal PTPN IV Kebun Dosin, Dugaan Akibat Gigitan Ular Berbisa
Bravo...Polres Labuhanbatu Grebek Judi 12 Mesin Jackpot Di Sekitar Lingkungan Rumah Cawabup Labuhanbatu

Follow Us

Recommended Posts

Aggota DPR RI Irine Yusiana Roba: Otoritas Independen Syarat Mutlak Lindungi Data Pribadi Warga
Kepala BRIN: Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan Solusi Masa Depan
Panglima TNI Pimpin Sidang Pantukhir Taruna-Taruni Akademi TNI 2021
Begini Aturan Pembukaan Bertahap Operasional Perdagangan
Operasi Berakhir dan Pulihkan Lingkungan, SKK Migas akan Nonaktifkan Tujuh Anjungan